Atap Polycarbonate Twinlite, Solarlite, Solite Berkualitas

Atap Polycarbonate

Anda perlu mengetahui apa sebenarnya perbedaan dari atap polycarbonate twinlite, solarlite, solite. Ketiganya merupakan merk yang berbeda sehingga memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing jika diaplikasikan untuk hunian.

Perbedaan dari Atap Polycarbonate Twinlite, Solarlite, Solite

Polycarbonate merupakan material atap untuk kanopi yang termasuk ke dalam golongan polimer termoplastik. Biasanya diaplikasikan pada gudang, ruang jemuran, cover pagar, carport, greenhouse dan masih banyak lagi. Jenis ini dipasarkan melalui tiga merk yakni twinlite, solarlite dan solite.

1. Twinlite

Atap polycarbonate dengan merk twinlite memiliki lapisan pelindung ultra violet. Menariknya pada permukaan ini masih memiliki co extruded UV yang akan membantu daya tahan dari kanopi sehingga lebih awet selama pemakaian.

Lapisan ini memiliki beberapa fungsi untuk jangka ke depan. Beberapa diantaranya yaitu mencegah terjadinya perubahan warna permukaan menjadi kusam atau kuning sehingga tampilannya masih optimal dalam waktu lama. Variannya pun beragam mulai dari clear, blue, bronze, silver dan lainnya.

2. Solarlite

Merk solarlite ini memang memiliki lapisan pelindung ultra violet layaknya Twinlite. Fungsinya yaitu agar menjaga ruangan di bawahnya tetap terasa sejuk meskipun terpapar suhu matahari di siang hari. Kelebihan ini tentu tidak dimiliki oleh semua material sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

Sayangnya solarlite ini tidak membekali atap polycarbonate dengan lapisan co extruded UV. Anda pun bisa saja mengalami perubahan warna sekalipun masih menggunakannya dalam jangka bulanan. Merk ini hanya menyediakan ketebalan berukuran 5 mm dengan varian clear, blue, opal, silver dan lainnya.

3. Solite

Atap polycarbonate solite mempunyai ketebalan 4 mm dan tersedia dalam banyak warna. Anda pun bisa memilihnya sesuai dengan selera mulai dari blue, grey, green, bronze, opal dan juga clear. Bahannya pun sama yaitu menggunakan material berupa polycarbonate dan lapisan UV.

Sayangnya seperti merk Solarlite, Solite tidak melengkapi atap ini menggunakan lapisan co extruded ultraviolet sehingga mengharuskan pemiliknya harus siap sedia untuk membersihkannya secara rutin. Kemungkinan perubahan warna juga cukup tinggi meskipun masih belum mencapai tahunan dipasang.

Baca Juga Atap Onduvila dengan Segudang Manfaat

Kelebihan Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate bisa dikatakan sebagai pengganti kaca sebab memiliki sifat transparan sehingga membuat sinar matahari akan secara mudah mengakses seluruh ruangan. Tidak hanya itu saja, banyak orang yang memiliki beberapa alasan tertentu mengapa mereka memilih jenis ini. Berikut ulasannya:

1. Ramah Lingkungan

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan isu mengenai efek rumah kaca sehingga menjadi topik umum dalam mengurangi gas karbondioksida. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni menggunakan atap polycarbonate sebab terbuat dari bahan bersifat ramah lingkungan dan aman bagi sekitar.

Menariknya lagi, bahan polycarbonate ini juga bisa didaur ulang ketika sudah tidak digunakan. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi lingkungan karena tidak akan menambah jumlah sampah yang sulit diurai dan kini pun jumlahnya semakin banyak di bumi.

2. Mudah Dibentuk

Bahan polycarbonate memiliki sifat yang cukup elastis. Hal ini membuatnya akan mudah dibentuk sesuai keinginan dan selera. Anda pun bisa memotongnya hanya menggunakan bantuan alat berupa gerinda atau gergaji tangan.

Tidak hanya mudah dipotong saja, bahan polycarbonate juga gampang sekali dibentuk. Terutama jika ingin menyesuaikannya dengan keadaan lingkungan atau ukuran rangka yang cenderung sempit. Langkah ini cukup memerlukan tenaga seadanya tanpa harus membutuhkan tenaga berat.

3. Tahan Lama dan Kuat

Bahan polycarbonate diakui memiliki kekuatan yang sangat baik dan bisa diadu dengan jenis lainnya. Atap ini cukup kuat jika sedang menahan berbagai macam gangguan atau kerusakan. Tidak heran jika material ini banyak diaplikasikan pada produksi tameng polisi dan juga jendela pesawat terbang.

Tidak hanya kuat akan berbagai macam kerusakan, atap polycarbonate ini dipercaya 200 kali lebih baik daripada bahan berupa kaca dan juga 30 kali lebih kuat dari akrilik. Menariknya sifat ini tetap membuat bobotnya ringan sehingga proses pemasangan akan semakin mudah, cepat dan efektif.

4. Sejernih Kaca

Kualitas kejernihan dari atap polycarbonate dapat disejajarkan dengan kaca termasuk untuk memudarkan sinar matahari. Anda bisa menggunakan material ini jika ingin memiliki ruangan yang transparan dan menjadikan pencahayaan lingkungan sebagai penerangan alaminya.

Berkat kejernihan dari atap polycarbonate ini sangat bagus dan baik. Penggunaan material ini akan cocok jika pengguna memiliki rumah yang dilengkapi kebun cukup luas sehingga bisa menikmatinya tanpa harus keluar ruangan. Sensasi alamnya pun juga dapat dirasakan bersama anggota keluarga.

5. Mudah Dibersihkan

Anda tidak perlu khawatir jika bahan ini sulit dibersihkan. Nyatanya untuk membersihkannya pun cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan air sabun dan bersihkan menggunakan lap bersih. Gosokkan secara perlahan sampai kotoran yang ada bersih tanpa meninggalkan bekas lagi.

Jangan lupa untuk menyiramnya menggunakan air bersih sehingga noda bekas sabun tidak akan tertinggal pada permukaan atap polycarbonate. Selain itu juga harus melakukannya secara rutin untuk menghindari kotoran yang menempel di atasnya mengingat bahwa sifatnya memang tembus pandang. Hal ini sejenis dengan Atap Solarflat yang mempunyai warna transparan.

Kelemahan Atap Polycarbonate

Beberapa kelebihan dari penggunaan atap polycarbonate tentu membuatnya akan dibanderol dalam harga cukup tinggi di pasaran. Tidak hanya itu saja, nyatanya kelemahannya pun cukup banyak sehingga Anda perlu menimbang-nimbang lagi sebelum membelinya.

1. Harga Mahal

Atap polycarbonate memang dijual dalam harga yang cukup mahal. Anda bisa mendapati perbedaan selisihnya akan semakin jauh jika dibandingkan dengan material plastik atau kaca lainnya. Hal ini membuat konsumen harus mempertimbangkan ulang meskipun memiliki kualitas sangat baik.

Biasanya konsumen akan menjatuhkan pilihan ke bahan ABS atau acrylonitrile butadiene styrene yang memiliki ketangguhan cukup baik namun tidak mampu menahan suhu tinggi sebaik polycarbonate. Harganya pun cukup rendah sehingga bisa dijadikan solusi terbaik.

2. Tidak Tahan Terhadap Goresan

Berbeda jauh dengan atap dengan bahan berupa galvalume, fiber atau beton yang mampu menahan berbagai goresan. Sayangnya material polycarbonate tidak terlalu tahan terhadap hal ini sehingga membutuhkan biaya perawatan cukup tinggi.

Atap polycarbonate tidak tahan dengan goresan, permukaan abrasif ataupun marring. Jangan heran apabila bahan ini mudah sekali mengalami penyok karena mengenai benda keras di sekitarnya. Sebaiknya perlu berhati-hati selama proses pemasangan.

3. Tidak Tahan Terhadap Zat Kimia

Poin ini menjadi alasan bagi Anda mengapa harus menggunakan cairan pembersih yang benar-benar aman selama membersihkan atap polycarbonate. Pasalnya bahan ini tidak tahan terhadap bahan kimia dengan kandungan asam atau basa terlalu tinggi.

Biasanya akan muncul retakan atau permukaan semakin menipis apabila atap polycarbonate terkena dengan bahan kimia. Oleh karena itu, perlu hati-hati lagi untuk menjaganya agar terhindar dari senyawa berbahaya sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan.

Atap polycarbonate twinlite, solarlite, solite merupakan jenis yang berbeda. Anda bisa memilih salah satu dari ketiganya dengan menyesuaikan berdasarkan kebutuhan dan juga budget di suplier bahan bangunan Krida Jaya Abadi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Order Sekarang
Halo. Dengan Kridajaya Abadi

Ada yang bisa kami bantu?