Nitip Bahan Bangunan; Tips Menabung Bangun Hunian

Nitip Bahan Bangunan

Memiliki hunian pribadi yang nyaman tentunya menjadi dambaan setiap insan. Membangun rumah bagi sebagian orang bukan lah perkara sulit, apalagi ia adalah golongan tajir serba kecukupan. Lain ceritanya dengan orang-orang dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah, besarnya biaya yang di perlukan selalu menjadi kendala dalam hal ini. Namun, tak perlu khawatir, kendala ini dapat Anda siasati dengan cara nitip bahan bangunan.

Tips Menabung Bangun Hunian

Nitip bahan bangunan ini merupakan metode menabung yang biasa dilakukan oleh sebagian orang untuk mempersiapkan segala keperluan pembangunan rumah. Menabung dengan cara ini tidak menggunakan uang, melainkan barang. Barang tersebut bukan pula berbentuk emas, akan tetapi materi bangunan, seperti semen, besi, pasir dan lainnya.

Menabung dengan cara nitip bahan bangunan ini terbukti efektif dibandingkan dengan menabung rupiah. Mengapa demikian? Sebab, ketika kita menabung rupiah untuk biaya pembangunan rumah, godaan untuk menggunakan dana tersebut lebih besar.

Misalkan kita memiliki dana sebesar sepuluh juta dalam bentuk rupiah, tanpa di duga ada kebutuhan mendesak yang harus di bayarkan. Dana mana yang akan kita pakai? Tentunya tabungan sepuluh juta tadi. Inilah mengapa menabung rupiah untuk pembangunan rumah dinilai tidak  efektif.

Nitip Bahan Bangunan

Dengan menerapkan metode menabung material bangunan, dana yang tersimpan lebih aman karena bentuknya adalah barang. Berikut tips nitip bahan bangunan yang bisa Anda apabila berniat untuk melaksanakan pembangunan.

1. Membeli Material Bangunan

Cara pertama adalah dengan membeli material di toko bangunan. Membeli disini bukan berarti membeli sekaligus banyak sesuai dengan jumlah yang akan dibutuhkan, tetapi membeli dengan menyicil sedikit demi sedikit.

Sebagai contoh, Anda memiliki sisa dana sebesar seratus ribu rupiah. Dana tersebut bisa langsung Anda gunakan untuk membeli material yang di butuhkan. Anda tak perlu membeli material dalam jumlah banyak sekaligus, tetapi dicicil sesuai dengan sisa dana yang Anda miliki.

Misalkan dengan seratus ribu tadi Anda hanya bisa membeli satu batang besi cor. Tak menjadi soal, Anda bisa terus membeli besi tersebut sampai jumlahnya sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Lakukan metode ini untuk material lain yang diperlukan.

Perlu Anda perhatikan sebelum menerapkan metode ini.  Pilihlah jenis material yang memiliki daya simpan lama dan tidak mudah rusak. Sehingga ketika digunakan nantinya material tersebut masih dalam kondisi bagus.

Karena sistemnya adalah menabung, Anda harus memiliki perhitungan yang matang mengenai jumlah material yang dibutuhkan. Sehingga Anda dapat memperhatikan alokasi dana yang di butuhkan, serta berapa lama waktu yang Anda perlukan sampai semua material dapat terbeli.

Hal ini penting, dengan perhitungan ini Anda dapat dengan mudah memilih jenis material mana yang harus menjadi prioritas.

2. Nitip Bahan Bangunan

Cara yang kedua adalah menabung dengan metode nitip bahan bangunan pada toko kepercayaan Anda masing-masing, seperti Toko Krida Jaya Abadi.  Tak jauh berbeda dengan cara menabung yang pertama, cara ini juga bisa dilakukan dengan konsep nyicil, tetapi dengan nominal yang lebih besar.

Bedanya adalah material bangunan yang Anda beli tak harus dibawa pulang terlebih dahulu. Sebelum itu kembali lagi, Anda harus memiliki hitung-hitungan yang tepat mengenai berapa besar dana yang di butuhkan dalam pembangunan ini.

Bagaimana cara kerjanya? Sama halnya dengan cara pertama tadi, hanya saja setelah usai melakukan transaksi material yang Anda beli tidak langsung dibawa pulang, melainkan di titipkan di toko tersebut. Pilihlah toko bangunan terpercaya, alangkah baiknya apabila terdapat perjanjian tertulis antara dua belah pihak mengenai nitip bahan bangunan ini.

Metode ini sifatnya sama dengan investasi, ketika seluruh keperluan telah terpenuhi, barulah Anda dapat mengambilnya secara utuh untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan pembangunan yang di rencanakan sebelumnya.

Efektifitas Metode Nitip Bahan Bangunan

Saya kira metode kedua ini lebih efektif, mengapa? Karena material yang dibeli tak harus langsung dibawa pulang, maka tanggung jawab barang sepenuhnya oleh pihak toko.  Berbeda dengan ketika barang sudah Anda bawa pulang, Anda bertanggung jawab mengenai penyimpanan dan lain sebagainya. Ketika terjadi kerusakan, pihak toko tidak akan mau bertanggung jawab.

Dengan menerapkan menabung material ini Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah harga. Karena harga sifatnya tidak tetap sewaktu-waktu bisa naik ataupun turun, dengan cara ini berarti Anda membeli material dengan harga pada saat uang di serahkan kepada pihak toko bangunan.

Sehingga apabila harganya berubah pada waktu yang Anda membutuhkan material tersebut, maka Anda tak akan terusik dengan perubahan harga yang terjadi. Menguntungkan bukan?

Sampai saat ini persaingan antar usaha material bangunan sangatlah ketat, terdapat banyak toko bangunan yang menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, teknik pemasaran yang dilakukan juga bervariasi, hal ini bertujuan untuk menarik pengunjung sehingga omset toko akan stabil bahkan meningkat.

Salah satu bentuk promosi yang gencar dilakukan oleh beberapa usaha material bangunan pada saat ini adalah dengan menggaet konsumen untuk bekerja sama dengan cara menawarkan diri sebagai tabungan material.

Seperti yang sudah saya bahas di atas, taktik promosi ini menyasar kepada seluruh lapisan masyarakat, fokusnya adalah masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Suplier bahan bangunan Krida Jaya Abadi, merupakan salah satu toko bangunan ternama di Surabaya yang turut menawarkan jasa menabung atau nitip bahan bangunan.

Semoga ulasan ini membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Order Sekarang
Halo. Dengan Kridajaya Abadi

Ada yang bisa kami bantu?