Buka Usaha Toko Bangunan Modal Kecil di Masa Pandemi? Mengapa Tidak?

 

Usaha Toko Bangunan Modal Kecil

Siapa bilang untuk membuka sebuah usaha harus memiliki modal besar dulu? Pernyataan ini tak selamanya dapat di benarkan. Untuk Anda yang berniat untuk membuka usaha toko bangunan modal kecil, ada baiknya Anda membaca ulasan ini terlebih dahulu.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, sektor ekonomi memang mengalami kerugian terparah setelah sektor kesehatan. Tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan kehilangan pekerjaan, kehilangan konsumen, serta kesulitan mencari rupiah untuk biaya hidup sehari-hari.

Di masa sekarang, kita memang diharuskan untuk memutar otak sedikit lebih keras agar dapat tetap bertahan dan melangsungkan hidup. Salah satu cara untuk bertahan adalah dengan memulai bisnis baru yang disesuaikan dengan konsep new normal.

Membuka Toko Bangunan dengan Modal Kecil

Usaha material bangunan merupakan jenis usaha yang tak akan pernah kehilangan pasar. Usaha ini akan tetap eksis, karena terus dibutuhkan oleh banyak orang selama kehidupan berlangsung, karena pembangunan akan terus dilakukan untuk mencapai target besar yang telah direncanakan bersama.

Toko Krida Jaya Abadi adalah distributor bahan bangunan yang siap membantu Anda apabila berniat untuk membuka usaha toko bangunan modal kecil di era pandemi seperti ini. Segala kebutuhan bangunan tersedia dengan harga yang variatif.

Usaha material bangunan bisa jadi pilihan cermat apabila Anda berniat untuk mulai berbisnis. Jenis usaha ini akan terus menguntungkan, pasalnya rumah merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Selama manusia masih membutuhkan tempat tinggal, maka selama itulah toko bangunan akan tetap dibutuhkan.

Dalam membangun sebuah bisnis atau usaha, apapun jenis serta bentuk usahanya kita memerlukan strategi bisnis yang matang. Hal ini bertujuan agar bisnis yang dijalankan akan memberikan royalti, serta mengalami perkembangan yang menjanjikan.

Tak hanya membutuhkan strategi pemasaran yang baik, untuk memulai bisnis kita perlu memperhatikan beberapa hal ini. Berikut tips yang dapat Anda terapkan untuk merintis usaha toko bangunan modal kecil. Mari kita simak!

Tips Mulai Usaha Toko Bangunan Modal Kecil

Mencari toko bangunan bukanlah perkara yang sulit, dalam satu daerah paling tidak terdapat dua hingga tiga toko bangunan yang menyediakan segala perlengkapan yang dibutuhkan, mulai dari semen, kayu, paku dan lainnya.

Ketatnya persaingan dalam usaha ini bukan berarti mematikan semangat Anda untuk memulai. Menyikapi persaingan ini Anda harus memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh toko bangunan lainnya, baik dari segi lokasi, pelayanan ataupun estimasi biaya.

1. Memilih Lokasi

Sebelum Anda memulai, Anda harus menetapkan terlebih dahulu dimana lokasi yang tepat untuk usaha ini. Carilah lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Lokasi yang strategis turut mempengaruhi pasar produk yang Anda tawarkan.

Cari tahu dahulu siapa sasaran utama dari usaha ini, apabila menyasar kepada masyarakat, Anda bisa memilih lokasi yang mudah dijangkau langsung oleh masyarakat. Misalkan daerah kompleks perumahan, atau daerah pedesaan yang jauh dari pusat kota.

Sebagai langkah awal, Anda tak perlu membangun atau menyewa ruko tiga tingkat atau bangunan besar sejenisnya. Karena modal yang akan digunakan limitnya terbatas, maka Anda dapat mencari kios sederhana yang strategis untuk dijadikan sebagai toko. Dibandingkan dengan ruko tiga tingkat, biaya sewa untuk kios ini tentunya lebih ringan.

2. Membuat Daftar Barang Dagangan

Karena Anda akan memulai usaha toko bangunan modal kecil, maka wajib untuk mendata barang apa saja yang akan dipasarkan. Tentunya barang-barang ini di sesuaikan dengan target pasar yang telah di tentukan sebelumnya.

Membuat daftar ini penting dilakukan untuk menghindari sendatnya putaran modal. Misalkan target pasar yang Anda tuju adalah masyarakat pedesaan yang umumnya kondisi rumah mereka non-permanen.

Ketika Anda menyediakan batu, pasir, semen dan keramik, maka putaran modal akan tersendat karena pasar yang Anda tuju belum membutuhkan material tersebut. Maka dari itu, carilah barang-barang yang sesuai dengan target pasar, sehingga sirkulasi modal lebih cepat prosesnya.

3. Mencari Distributor Terpercaya

Ketika memulai usaha ini, Anda membutuhkan agen yang menyediakan barang-barang yang dibutuhkan. Menemukan suplier atau distributor memang susah-susah gampang, Anda perlu riset banyak melakukan riset dengan menjajal berbelanja satu persatu sampai menemukan yang paling cocok di hati.

Toko Krida Jaya Abadi merupakan distributor bahan bangunan terpercaya, yang siap melayani Anda dengan menawarkan beragam material bangunan dengan harga yang bersahabat. Jangan ragu untuk menjatuhkan pilihan Anda pada kami.

4. Gencar Melakukan Promosi

Promosi merupakan cara terbaik untuk mengenalkan usaha milik kita kepada masyarakat luas. Untuk menghemat biaya, Anda tak perlu melakukan promosi menggunakan media-media cetak seperti baliho, spanduk maupun billboard yang menghabiskan dana cukup besar.

Di masa pandemi ini, masyarakat di batasi untuk beraktivitas di luar ruangan. Waktu mereka lebih banyak dihabiskan di depan laptop maupun gadget untuk menjelajah internet. Kondisi ini dapat Anda ubah menjadi teknik promosi yang lebih baik.

Lakukan promosi melalui platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, misalkan Facebook dan Instagram. Agar media promosi Anda terlihat menarik, ada banyak aplikasi Android maupun IOS yang dapat Anda manfaatkan.

Tak hanya menjanjikan, promosi melalui media sosial memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan promosi menggunakan spanduk dan media cetak lainnya, terlebih lagi Anda tak perlu biaya besar dalam hal ini.

Demikianlah tips buka usaha toko bangunan modal kecil, tak hanya berlaku untuk usaha toko bangunan, tips ini juga dapat diterapkan pada jenis usaha apapun. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Order Sekarang
Halo. Dengan Kridajaya Abadi

Ada yang bisa kami bantu?