Papan Fiber Semen Serbaguna

Papan Fiber Semen

Sebelumnya material kayu kerap digunakan di bagian eksterior rumah. Akan tetapi karena susah untuk menemukan yang berkualitas dan harganya pun semakin meningkat, orang-orang pun menemukan alternatif lain dan akhirnya beralih ke papan fiber semen atau yang sebelumnya dikenal sebagai panel. Tidak heran jika jenis ini semakin laris manis di pasaran.

Profil Papan Fiber Semen

Seperti namanya, papan fiber semen atau fiber cement board adalah papan silikat yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan konstruksi baik interior maupun eksterior. Umumnya digunakan pada plafon dan juga cladding karena pemasangannya yang mudah.

Sebelum fiber cement board menjadi alternatif, kayu paling banyak diminati untuk melengkapi beberapa bagian rumah seperti dinding, atap maupun jendela. Papan silikat ini bisa menjadi pengganti karena memiliki fungsi dan cara penggunaan yang sama, dapat dibentuk dan dipotong menggunakan gergaji.

Material yang juga dikenal sebagai glass reinforced concrete (GRC) ini memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah pecah. Selain itu, Penggunaan papan fiber dapat menambah kesan estetik dekorasi bangunan rumah ataupun sebuah gedung karena terdapat banyak pilihan motif.

Bahan Papan Fiber Semen

Papan ini terbuat dari bahan campuran serat fiberglass dan semen Portland yang memiliki standar dunia dan telah digunakan secara umum. Serbuk-serbuk ini dibuat dari material hidrolik dari dua pertiga massa kalsium silikat. Berdasarkan komposisi tersebut benda ini juga disebut sebagai papan silikat.

Selain menjadi solusi pengganti kayu, papan fiber semen ini juga telah menggeser kedudukan gypsum. Hal ini terjadi karena karakteristik dari hidrat kalsium sulfat tidak tahan air maupun api, lebih mudah berjamur dan juga risiko rusak lebih besar karena benturan keras.

Jika dibandingkan, papan fiber semen ini bobotnya memang lebih berat daripada gypsum. Tetapi ukuran yang dimiliki relatif sama dan tidak ada perbedaan yang mencolok. Kemudian dari segi permukaan, glass reinforced concrete lebih halus dan datar.

Beralihnya menggunakan papan fiber ini juga dilatarbelakangi faktor lain seperti penggunaannya dapat mencapai 15 sampai 25 tahun. karena tahan lama, alternatif ini pun semakin banyak digunakan masyarakat luas.

Cara Menggunakan Papan Fiber Semen

Penggunaannya cukup sederhana, tidak banyak berbeda dengan papan kayu. Jika menggunakan papan fiber sebagai plafon, Anda tidak perlu menggunakan yang tebal, cukup yang tipis saja. sedangkan untuk lantai, gunakan yang tebal 15mm atau lebih karena untuk menahan beban.

Saat pemasangan papan fiber untuk lantai, gunakan sekrup pada rangka yang terbuat dari metal ataupun kayu. Perlu diperhatikan bahwa maksimal bentangannya mencakup 407 x 818 mm antar kerangkanya. Tambahkan celah selebar 10 mm untuk mengantisipasi gerakan tidak terduga dari beban di atas lantai.

Papan fiber semen juga bisa digunakan untuk menutup dinding. Karena sifatnya yang bisa menahan kelembaban dan air, alternatif pengganti gypsum ini juga dapat diaplikasikan di kamar mandi. Material ini juga cocok digunakan sebagai fasad karena tahan air dan tidak merambat api.

Baca Juga Kawat Duri Silet Terbaik dan Berkualitas

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Papan Fiber Semen

Dibuat dari bahan yang mampu menahan benturan hingga 170 kg/cm serta diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih, papan fiber semen membuat penggunanya mendapatkan kemudahan dan keuntungan. Lebih lanjut, berikut manfaat dan keunggulan material ini:

1. Mengandung Bahan Isolasi

Papan fiber mengandung ramuan yang mampu menahan cuaca panas dan kelembaban. Material konstruksi ini dibuat dari bahan isolasi tertentu hingga dapat meredam maupun memantulkan sinar matahari sehingga ruangan yang diinstal tidak akan terasa panas.

2. Tidak Mengandung Asbes

Papan fiber tidak mengandung asbes. Hal ini menambah poin keunggulan material ini karena bahan tersebut jika terhirup dan masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan asbestosis di mana jaringan parut akan tumbuh di paru-paru dan juga masalah kesehatan yang lainnya.

3. Hemat Waktu

Proses instalasi papan fiber semen ini dianggap lebih praktis dan tidak perlu memakan durasi yang lama. Hal ini juga akan berdampak pada efisiensi waktu dan biaya, karena pemasangan cepat, maka biaya untuk membayar tukang juga akan menjadi lebih hemat.

4. Aman

Papan fiber semen memiliki bentuk yang tipis, akan tetapi ia dibentuk dari material yang memiliki kepadatan tinggi sehingga membuatnya lebih tahan akan terjadinya benturan daripada gypsum. Faktor ini juga membuatnya tahan akan serangan rayap maupun jamur.

5. Dapat Digunakan Sebagai Lantai

Terdapat banyak gedung perkantoran, gudang, supermarket bahkan cafe telah mengaplikasikan papan fiber semen sebagai lantai. Anda juga bisa menggunakan material ini untuk di rumah. Namun perlu diperhatikan untuk memilih varian dengan tebal 15 milimeter.

6. Dapat Digunakan Sebagai Penyekat Pembatas Ruang

Karena tahan kelembaban dan jamur, papan fiber dapat digunakan sebagai penyekat pembatas ruang. Agar meningkatkan kualitas visual dan ketahanannya, gunakan cat tembok yang kelasnya terjamin sehingga warnanya tidak mudah pudar dan terkelupas.

Tips Merawat Papan Fiber Semen

Tidak banyak berbeda dengan beton, cara merawat papan fiber semen pun hampir sama. Pasalnya, serangkaian proses pelapisan yang diaplikasikan pada beton akan cocok untuk dipakai glass reinforced concrete. Selain itu terdapat beberapa tips perawatan lainnya:

1. Bersihkan Secara Berkala

Bersihkan dinding rumah secara berkala. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan debu dan jaring laba-laba yang mengganggu visual dan kenyamanan. Gunakan kain lembab jika tidak memiliki vacuum cleaner bersikat halus. Jangan terlalu kasar atau terlalu bersemangat ketika menggosoknya.

2. Gunakan Sambungan Flexible

Jika Anda menggunakan papan fiber di eksterior bangunan, sebaiknya gunakan sambungan fleksibel yang diletakkan di antara panel untuk mengurangi risiko retak. Terlebih, jika dinding terdapat lubang sekrup atau paku, sebaiknya diberi kompon agar permukaannya rata.

3. Perhatikan Kelembaban

Papan fiber semen memang tahan kelembaban, akan tetap agar enak dipandang, ada baiknya untuk memperhatikannya. Cek pada bagian talang air dan pipa pembuangan air yang ada di dekat dinding. Jika Anda menemukan lumut, segera bersihkan dengan cairan pembersih lumut.

4. Jangan Lukai Dinding

Poin terpenting agar papan fiber semen tahan lama dan tidak rusak adalah jangan pernah terpikirkan untuk melukainya. Beri tembok sedikit jarak dengan perabot agar tidak tergores. Rekatkan selotip pada dinding ketika ingin memaku sehingga tidak menyebabkan gompel.

5. Cat Dinding

Pemilihan cat dinding juga perlu dipertimbangkan. Sisi estetik memang perlu diperhatikan, namun kualitas cat itu sendiri juga tidak boleh dilupakan. Gunakan cat semi-gloss dengan latex polymer dan silikon yang merupakan bahan kedap air dan mampu membuat dinding tampak bercahaya.

Anda bisa mendapatkan material konstruksi ini di supplier toko bangunan nasional. Kualitas dan macam-macam jenis pilihan glass reinforced concrete bisa ditemukan di Krida Jaya Abadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Order Sekarang
Halo. Dengan Kridajaya Abadi

Ada yang bisa kami bantu?